Selasa, 13 Juli 2010

curug Tapak kuda Desa Sadawangi Kec lemahsugih Majalengka



curug Tapak kuda
c
urug tapak kuda berada di wilayah desa sadawangi kecamatan lemahsugih kabupaten majalengka atau sebelah selatan dari pusat kota sadawangi.
curug dalam bahasa indonesia berarti air terjun,sedangkan pakuda di ambil dari sebuah nama leuweung(hutan kecil)yang berada persis dekat perumahan penduduk atau di sebelah selatan dari titik desa, Nama TAPAK KUDA juga di pakai salah satu nama arena olahraga  yaitu gelora Tapak kuda yang lokasinya berada di sebelah barat dari titik desa.
untuk lokasi tepat nya silahkan bisa di lihat di google
 map .

  Menurut masyarakat setempat di percaya bahwa nama" Tapak Kuda"erat kaitanya dengan sejarah kehidupan masyarakat lalu di sadawangi.nama Tapak kuda sebenarnya berasal dari 2 kata yaitu Tapak dan kuda.karena mungkin biar lebih simple masyarakat setempat menyebutnya "pakuda".jadi dlm tulisan saya pun sepakat menyebutnya dngan nama pakuda.
konon di rimba pakuda ada sebuah batu besar yang mirip kapak kuda(kapak=sela=jok kuda)
yg sampai saat ini masih ada dan ini menjadi indikasi bahwa dulu pernah ada kehidupan,exlusive expedisi batu sela tapak kuda desa sadawangi
https://youtu.be/8OHKhCHpF3w
selain itu ada nama"pasarean(tempat tidur)"yang sekarang jadi pusat bertemunya penjual dan pembeli ( Pasar),ada juga panyancanga,(tempat hewan di ikat agar tidak lepas)dan kebon gede(kebun besar)semua nama-nama ini mempunyai cerita tersendiri yang erat kaitanya dengan pakuda dan cerita mistik di jaman lalu tp sampai saat ini belom ada yang menjelaskan secara pasti bagai mana sejarahnya dari nama nama tempat tersebut.
curug pakuda bisa di kunjungi dari berbagai arah tapi untuk menuju ke sana cukup susah karena harus melewati pesawahan warga,ketinggian curug ini bisa mencapai lebih dr 500m karena sampai saat ini belum ada kepastian.
 Artikel dan semua informasi di atas masih bersifat labil dan tidak menjadikan sebuah fakta,sehingga masih perlu di perbaharui,anda bisa memberikan saran dan kritik nya apabila anda menemukan kekeliruan atau kami akan melakukan pembaharuan apabila informasi ini kurang valid.
sumber:sesepuh dn warga sadawangi

                                                                                              Salam traveller .......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar